Minggu, 25 Maret 2012

Proses Berjalannya Jaringan Internet


PEJUANG JARINGAN
(Warriors Of The Net)

 kali ini saya akan menepost tentang perjalanan sebuah informasi yang anda cari dalam sebuah internet yang melali jaringan.semoga bermanfaat bagi pembaca dan saya.


Pada saat kita mengeklik sebuah tautan, kita sudah memilai suatu aliran infornasi. Informasi ini menuju ruang pesan pribadi anda, dimana IP akan mengemas, melabeli, dan mengirimkannya pada jalur yang terbatas. Sebuah paket membutuhkan label untuk mengirimkan informasi pentig alamat pengirim, alamat penerima, dan jenis paket tersebut yang akan menuju internet dengan alamat proksi server. Paket akan diluncurkan menuju jaringan wilayah atau LAN.
 LAN adalah tempat yang tidak terkendali dan kecelakaan sering terjadi. Aliran/jaringan dalam LAN di penuhi dengan berbagai macam informasi yaitu paket IP, paket Novell, dan paket Apple Talk.
Paket- paket yang berlawanan arus akan dibaca oleh router dan jika perlu memindahkannya ke jalur yang benar menuju jaringan lain. Ketika paket sudah meninggalkan router paket akan menuju internet perusahaan, dan akan di seleksi di router swit yang dengan cepat mengalihkan paket ke jalur yang akan dituju oleh  paket. Setelah paket sampai tujuan paket akan dijemput oleh jaringam interface dan akan dikirimkan ketingkat selanjutnya. Dalam kasus ini proksi digunakan sebagai perantara yang akan mengurangi muatan dan sebagai keamanan.
Setiap paket mempunyai ukuran berbeda-beda tergantung konten didalamnya, prosi akan membuka paket tersebut dan mencari alaman web atau URL dan mengirimkannya ke internet dan yang tidak mendapatkan izin dari prosi tidak akan dikirimkan ke internet. Paket yang lolos akan melanjutkan kembali perjalannannya.
Selanjutnya paket tersebut akan melalui firewall yang akan menyeleksi dan mencegah hal-hal yang tidak diinginkan dari internet dan juga mencegah dikirimnya informasi sensitive perusahan menuju internet setelah melalui firewall sebuah router akan menjemput dan menempatkannya ke jalur yang lebih mudah dan menuju dunia internet.
Dunia internet merupakan sebuah jaringan yang saling terkoneksi sepanjang bola dunia. Didalam Wild West banyak ruang dan peluang. Dalam kebebasan tersebut banyak bahaya yang mengintai seperti ping kematian(sebuah versi kusus permintaan paket kita) yang menyerupai ping biasa .
Paket permintaan kita bias melalui satelit, sambungan telephone, nirkabel ataupau kabel lintas samudra. Sebelum  sampai tujuan  paket akan melewati firewall kembali yang menjadi benteng pertahanan bagi musung yang mengerikan, firewall hanya memperbolehkan paket tertentu  saja yang boleh masuk yang bekerja pada port 80 dan port 25. Port 80 digunakan utuk paket dari internet ke server web, sedangkan port 25 digunakan utuk surat. Setelah melewati firewall paket akan menuju interface hingga tiba di server web satu per satu paket akan diterima dibuka  dan di bongkar lalu informasi akan dikirim ke menuju aplikasi server web dan paketnya sendiri akan di daur ulang dan akan dikirim kembali kepada anda.

4 komentar: